Effect of Service Quality, Facilities and Location on Patient Satisfaction in RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam
DOI:
https://doi.org/10.58471/jecombi.v2i1.8Keywords:
Service Quality, Facilities, Location, Patient, StatisfactionAbstract
This study aims to determine: (1) Does the quality of service affect patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam General Hospital? (2) Does the facility affect patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam General Hospital? (3) Does location affect patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam General Hospital? (4) Does the quality of service, facilities and location simultaneously affect patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam General Hospital?. The method used in this research is quantitative descriptive method. Meanwhile, data collection using questionnaires and documentation. The sampling technique used was accidental sampling technique. This study used a sample of 100 respondents. The instrument testing technique in this study is validity and reliability testing and hypothesis testing using multiple linear regression and classical assumption testing with SPSS version 20 software. The results of this study indicate that: (1) Service quality affects patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam Hospital, (2) facilities affect patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam Hospital, (3) location affects patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Hospital Pakam, (4) service quality, facilities and location simultaneously influence patient satisfaction at Sari Mutiara Lubuk Pakam Hospital. And the results of this study also indicate that the variable that most influences patient satisfaction is the variable of service quality (X1).
References
Anwar dan Surya, Hendra Putra. 2020. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas
dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap di Hotel Travellers Suites
Medan”. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan, Vol 3 No. 1.
Andriyani. 2015. ”Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien \
Rawat Inap di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo”.
Arianto, Nurmin. 2018. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan dan
Loyalitas Pengunjung dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton
Bogor”. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 1 No. 2.
Atika, Nur. 2019. ”Komunikasi Terapeutik Bidan Delima Sidoarjo Dalam Melayani Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)”. Jurnal Commercium, Vol 2 No. 1.
Baiti, Mita. 2018. ”Pengaruh Lokasi, Harga dan Fasilitas hotel terhadap
Keputusan Menginap Pelanggan”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan
Pariwisata, vol 1 No. 2.
Daga, Rosnaini. 2017. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi
Selatan: Global – RCI.
Dewi, Meutia. 2016. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur”. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol 5 No. 2.
Dharmawan, R. H dan Kristianingsih, T. 2018. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan
dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Pelangi”. J &
B Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 4 No. 2.
Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar
untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV
Budi Utama.
Emmywati. 2017. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan yang terdiri Kenyamanan,
Kemudahan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Galeri
Seni dan Pusat Meditation Ponorogo Jawa Timur ”. Jurnal Penelitian
Ilmu Manajemen, Vol 3 No. 3.
Fatihudin, Didin. 2019. Pemasaran Jasa: Strategi Mengukur Kepuasan dan
Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Budi Utama.
Firdiyansyah, Indra. 2017. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi
terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota
Batam”. Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen
dan Akuntansi), Vol 1 No. 1.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS
23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Haeriah dan Yekti Intyas Rahayu. 2018. ”Pengaruh Kualitas Layanan,
Kepercayaan dan Image Terhadap Kepuasan Debitur Bank Sultra”.
Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 4 No.1.
Hariaji, Galih Utama. 2018. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas
terhadap Kepuasan Konsumen ( studi pada warung kopi srintil
Temanggun”. Http://jurnal.unimus.ac.id, Vol 15 No. 2.
Harfika, Jarliyah dan Nadiya Abdullah. 2017. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan
dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum
Kabupaten Aceh Barat Daya”. Jurnal Manajemen, Vol XIV No. 1.
Hatta, Holita dan Rangga Andreanus. 2019. ”Pengaruh Influencer, Membership
Program dan Instagram Ads terhadap Minat Pembelian Ulang
Customer Brand Coach (studi kasus Coach Plaza Senayan”. Journal of
Entrepreneurship, Management and Industry, Vol 2 No. 2.
Heizer, J dan Render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan
dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:
Alfabeta.
Iskandarsyah, Nabila Mariska dan Sorayanti Utami. 2017. ”Pengaruh Harga,
Lokasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan di
Hadrah Property”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol
2 No. 1.
Jannah, Miftakhul. 2019. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Klinik
Terhadap Kepuasan Pasien (studi pada pasien di klinik Pratama Tri
Cipto Waluyo Jombang)”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol 7 No. 3.
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung
Alfabeta.
Kusuma, Rizal Wahyu. 2015. ‘‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan
Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan’’. Jurnal Ilmu & Riset
Manajemen, Vol 4 No.12.
Kirom, Bahrul. 2020. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.
Bandung: PRC (Pustaka Reka Cipta).
Lempoy, Nicklouse Christian et al. 2015. ”Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas
Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut
Sonder”. Jurnal EMBA, Vol 3 No. 1.
Lena, Felisitas E.M. 2018 ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Rumah
Sakit terhadap Kepuasan Pasien (studi kasus pada pasien rumah sakit
Karitas Weetabula Sumba Barat Daya”. Skripsi. Fakultas Ekonomi
Universitas Sanata Dharma.
Lubis, Alfi Syahri dan Nur Rahma Andayani. 2017. ”Pengaruh Kualitas
Pelayanan (service quality) terhadap Kepuasan Pelanggan
PT.Sucofindo Batam”. Journal of Business Administration, Vol 1 No. 2.
Masturoh, Imas dan Nari Anggita. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan.
Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.
Mimi SA. 2015. ”Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Keragaman
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Ranch Market ”. Jurnal
Ekonomi, Vol XX, No. 01.
Mubarok, Ali. 2019. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah
Bank Mandiri KCM Jakarta Raya Kosambi Jakarta Barat”. Jurnal
Pemasaran Kompetitif, Vol 2 No. 3.
Munte, Elma Mariana. 2017. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Nasabah PT. AIA Financial Medan”. Skripsi tidak dipublikasikan.
Medan: STIE LMII.
Ningrum, Anggun Setya dan Sri Suryoko. 2018. ” Pengaruh Harga, Produk dan
Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Peacockoggie, Semarang”.
Diponegoro Journal of Social and Political, Vol 8 No. 1.
Nugroho, N.T. 2015. ’’Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan
Loyalitas Pelanggan’’. Jurnal Paradigma. 1(2): 144-122.
Oetama, Seanewati. 2017. ”Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap
kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Sampit”.
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, Vol 3 No. 1.
Permatasari, Ratih Musdalifah dan Musthofa Hadi. 2017. ”Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Menggunakan
Jasa di Puskesmas Turen Malang”. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 3 No. 1.
Pongtuluran, Aris. 2017. Total Quality Management, Manajemen Kualitas dalam
Pendidikan.Yogyakarta: Andi.
Purba, William Tiurniari. 2020. ”Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda di Kota Jambi”. Jurnal
EMBA, Vol 8 No.1.
Pohan, Imbalo S. 2020. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar
Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedoketarn EGC.
Prambudy, Akhlis Priya. 2016. ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi
terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Dukun Gresik”. Jurnal Penelitian
Ilmu Manajemen, Vol 1 No. 1.
Rani. 2019. ”Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Promosi terhadap
Keputusan Membeli Cactus Flower di Jakarta Selatan”. Jurnal
Manajemen, Vol 9 No. 1.
Radjab, Enny dan Andi Jam’an. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar:
Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah.
Rahmayanty, Nina. 2016. Manajemen Pelayanan Prima, cetakan kedua.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahayu, Reka dan Ratnawati Susanto. 2018. ”Pengaruh Kepemimpinan Guru dan
Keterampilan Manajemen Kelas terhada Perilaku Belajar Siswa Kelas
IV”. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Vol 4 No. 2.
Riyanto, Andi. 2018. ”Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan
Kepuasan Pelanggan pada PDAM Cibadak Sukabumi”. Jurnal
Ecodemica, Vol 2 No. 1.
Rizal, Fachrul et al. 2017. ”Pengaruh Harga, Desain dan Lokasi terhadap
Keputusan Pembelian Serta Dampaknya pada Kepuasan Pasca
Pembelian Perummahan Kota Banda Aceh”. Jurnal Manajemen dan
Inovasi, Vol 8 No. 3.
Rosalia, Kiky Jenitha dan Ni Ketut Purnawati. 2017. ”Pengaruh Kualitas
Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di
Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 7 No. 5.
Rusydi. 2017. Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Rusmiati et al. 2018. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra
Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo”.
Journal of Management, Vol 1 No. 3.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2016. Perilaku Konsumen. Pendekatan
Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Septian, Daniel dan Asron Saputra. 2020. ”Pengaruh Promosi dan Kualitas
Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kepri Mall”. Jurnal
Manajemen, Vol 6 No. 1.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis:
Pendekatan Pengembangan-Keahlian, edisi 6 (cetakan kedua). Jakarta
Selatan: Salemba Empat.
Sharon, Lyrissa Gisela dan Suryono Budi Santoso. 2017. ”Analisis Pengaruh
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Citra Rumah Sakit, Kepuasan dalam
Rangka Meningkatkan Loyalitas Pasien (studi kasus pada pasien rawat
inap RSUD Tugurejo Semarang”. Diponegoro Journal of Management,
Vol 6 No. 3.
Sholeha, Ludviatus et al. 2018. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keuasan
Pelanggan di AHASS Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi
Kabupaten Banyuwangi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 12 No. 1.
Simarmata, Hengki Mangiring Parulian et al. 2017. ”Peningkatan Kualitas
Layanan Untuk Kepuasan Pelanggan Hotel”. Jurnal EK & BI
Politeknik Bisnis Indonesia, Vol 1 No. 1.
Soemitro, A. R. A, dan Suprayitno, H. 2018. ”Pemikiran Awal tentang Konsep
Dasar Manajemen Aset Fasilitas”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur
& Fasilitas, Vol 2.
Stiyaningrum, Ari Efendi dan Udaya, Jusuf. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran.
Yogyakarta: Andi.
Suandi. 2019. ”Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur ”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan, Vol 1 No. 2.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiarto, Edie. 2016. ”Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian dan
Perhatian Setelah Transaksi terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif
Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda pada UD. Dika Jaya Motor
Lamongan”. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol 1 No. 1.
Suradisman et al. 2019. ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan
Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batu-Batu
Kabupaten Soppeng”. Journal of Management, Vol 2 No. 1.
Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
(Center Of Academic Publishing Service).
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius. 2016. Service, Quality & Satisfaction.
Yogyakarta: Andi.
Undang-undang No. 36 Tahun 2009. Tentang Kesehatan.
W, Ferry Rizki et al. 2018. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Kusta Kediri”. Junal Ilmiah
Mahasiswa Ekonomi, Vol 1 No. 2.
Wibisono, Aryo Prasetyo dan Imroatul Khasanah. 2015. ”Analisis Pengaruh
Kualitas Pelayanan, Harga dan FasilitasTerhadap Kepuasan
Pelanggan Hotel Pondok Tingal di Kabupaten Magelang ”. Diponegoro
Jurnal of Management, Vol 4 No. 3.